Senin, 10 Juli 2017

PONDASI



A.   PONDASI
    Pondasi merupaka bagian dari struktur bangunan yang termasuk dalam sub struktur bangunan . Pondasi adalah bagian terendah dari bangunan yang meneruskan beban bangunan ke tanah atau batuan yang berada di bawahnya . Terdapat klasifikasi pondasi , yaitu :
1.      Pondasi Dangkal
Pondasi dangkal adalah pondasi yang mendukung bebannya secara langsung . Pondasi dangkal biasanya dipergunakan pada bangunan sederhana/serta pada bangunan 2 lantai . Jenis pondasi dangkal pada bangunan terbagi atas dua jenis , yaitu :
a.       Pondasi Batu (Pondasi Garis)
Pondasi batu/garis biasa juga disebut sebagai pondasi memanjang . Pondasi batu/garis memiliki kedalaman 1-1,5 meter . Pondasi ini tidak dipergunakan pada struktur vertical/bangunan tinggi .


b.     Pondasi Plat Kaki (Pondasi Foot-Plate
 Pondasi plat kaki biasa juga disebut sebagai pondasi telapak . Pondasi telapak adalah  pondasi yang berdiri sendiri dalam mendukung kolom . Pondasi telapak memiliki kedalaman 1,5-2 meter , biasa dipakai untuk bangunan vertical . pondasi ini harus bertumpu pada tanah keras atau pada tiang pancang .


2.      Pondasi Dalam

Pondasi dalam adalah pondasi yang meneruskan beban bangunan ketanah keras atau batu yang terletak relative jauh dari permukaan . adapun jenis-jenis pondasi dalam , yaitu :

a.       Pondasi Rakit
Pondasi rakit biasa disebut raft foundation , adalah pondasi yang digunakan untuk mendukung bangunan yang terletak pada tanah lunak atau digunakan bila susunan kolom-kolom jaraknya yang sedemikian dekat di semua arahnya
 


b.       Pondasi Sumuran
Pondasi sumuran atau bisa disebut peir foundation , adalah pondasi yang merupakan bentuk peralihan antara pondasi dangkal dengan pondasi tiang , pondasi ini dipergunakan bila tanah dasar yang kuat dan terletak pada kedalaman yang relative dalam .


c.       Pondasi Caisson
Pondasi caisson merupakan pondasi dengan persegi empat dan dasar dari pondasi caisson diletakkan pada lpisan tanah yang cukup keras untuk memikul beban struktur . Pondasi ini juga biasa dipakai/diperlukan pada bangunan yang berada pada daerah/site yang berair .



d.       Pondasi Sarang Laba-Laba
Pondasi sarang laba-laba merupakan pondasi kotak terbalik , dimana pada bagian bawah kotak tidak ditutup . Kotak yang kosong diisi dengan tanah atau pasir + batu


e.       Pondasi Tiang
Pondasi tiang biasa juga disebut dengan nama pile foundation yang digunakan bila tanah pondasi pada kedalaman yang normal tidak mampu mendukung bebannya , dan tanah keras terletak pada kedalaman yang sangat dalam .
Pondasi tiang umunya berdiameter lebih kecil dan lebih panjang serta lebih padat .



 






 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar