Sabtu, 19 Agustus 2017

PLAFOND



A.  DEFINISI & FUNGSI PLAFOND

Suatu lapisan atau bidang yang membatasi tingginya suatu ruang dan berfungsi untuk keamanan kenyamanan serta keindahan suatu ruangan disebut langit-langit (plafond). Tinggi langit-langit diukur dari sisi atas muka lantai sampai dengan sisi bawah muka bidang pembatas/langit-langit. Tinggi langit-langit ini minimal 3.00 m, untuk rumah tinggal dengan ukuran sedang dapat diambil tingginya 3.00 @ 4.00 m. Bila langit-langit dipasang terlalu rendah (kurang dari 2,80 m) maka ruangan akan terasa pengap/sesak dan siklus udara kurang baik. Adapun fungsi langit-langit secara rinci adalah:
1.    Menahan berbagai kotoran kecil yang jatuh dari celah-celah genteng seperti: debut percikan air, binatang-binatang kecil yang membahayakan.
2.    Menetralisir rasa panas dan dingin yang berasal dari bidang atap (sebagai isolator).
3.    Untuk menutup konstruksi rangka atap agar tidak terlihat dari bawah, sehingga ruangan tampak rapih dan bersih.
4.    Turut meredam suara akibat air hujan yang jatuh pada bidang atap.

B.  BAHAN/MATERIAL DAN UKURAN PLAFOND


1.       Asbes/Eternit

2.       Tripleks

3.       Multipleks

4.       Herboad/Soft board/

5.       Particle board

6.       Balok papan

7.       Anyaman kulit bamboo

8.       Logam aluminium dan fiberglass

C.  LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN KONSTRUKSI RANGKA PLAFOND


Konstruksi rangka langit-langit ini merupakan susunan dari balok induk, balok/usuk pembagi, usuk sisipan yang membentuk kotak-kotak atau petak-petak dengan ukuran luas bervariasi sesuai dengan keperluan. Balok pembagi diletakkan sedemikian rupa sehingga sating siku dengan balok induk dan membagi luas bidang langit-langit menjadi lebih kecil. Usuk sisipan ini diletakkan antara usuk pembagi, juga untuk membagi luas petak menjadi lebih kecil lagi. Ukuran kayu yang digunakan adalah 6/12 @ 8 /12 untuk balok induk, 4/6 @ 5/7 untuk usuk pembagi, usuk sisipan dan untuk usuk tepi yang menempel pada ternbok.  Dan bila memasang langit-langit di bawah lantai plat beton, maka tiang penggantungnya diganti dengan besi tulangan 8 mm yang telah ditanam sebelumnya pada coran plat lantai beton tersebut.Langkah-langkah pengerjaan plafond/langit-langit :
1.    Siapkan semua bahan dan peralatan penunjang seperti: mistar, waterpass atau slang plastik 6-10 mm, pensil, benang kasur, paku dan palu.
2.    Ruangan atau kamar yang akan dipasangi langit-langit pada dindingnya diberi tanda
yang menunjukkan tinggi langit-langit yang akan dikerjakan, kemudian buatlah garis horisontal keliling dinding dengan bantuan waterpass atau timbangan slang air plastik bening.
3.    Ukurlah panjang dan lebar ruangan yang akan dipasangi langit-langit dengan Panjang dan lebar ruangan dibagi masing-masing oleh panjang dan lebar petak bahan penutup yang telah ditetapkan.
4.    Pasanglah usuk tepi, usuk pembagi, usuk sisipan sesuai dengan modul rangka langit- langit yang telah ditetapkan (misal: 60 x 80 dari as ke as) dengan memperhatikan tanda-tanda yang telah dibuat pada tembok.

a.  Alternatif bentuk pemasangan plafond
·         Alternatif 1.
·         Alternatif 2.

b.  Sistem pemasangan plafond/langit-langit

·         Dalam ruangan

                 Teras/emper


D. RANGKUMAN

Plafond atau langit-langit merupakan bagian dari super struktur dan termasuk dalam system konstruksi bangunan. Plafond/langit-langit berfungsi sebagai pemberi rasa nyaman dalam penghawaan suatu bangunan, baik itu bangunan berlantai ataupun tidak berlantai. Pengertian plafond atau langit-langit adalah suatu lapisan atau bidang yang membatasi tingginya suatu ruang dan berfungsi untuk keamanan, kenyamanan serta keindahan suatu ruangan. Untuk jenis bahan/material dari plafond atau langit-langit terdiri dari: asbes/eternity, tripleks, multipleks dan lain-lain. Dari segi pemasangan konstruksi rangka palfond atau langit-langit disesuaikan dengan bentuka ruangan pada suatu bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar