Sabtu, 19 Agustus 2017

TALANG AIR



A.     DEFINISI DAN SYARAT-SYARAT TALANG AIR

Talang air adalah suatu konstruksi yang berada pada sisi bawah bidang atap yang berfungsi untuk mengalirkan air yang berasal dari bidang atap ke saluran pembuang dan untuk mengurangi teritisan air hujan yang akan mengenai atau membasahi tembok, talang air terdapat pula pada pertemuan sisi bawah dua bidang atap yang membentuk lembahan.
Adapun syarat-syarat dalam mengerjakan talang air adalah:
1.    Konstruksi dibuat sederhana agar mudah dikerjakan dan mudah
        diperbaiki.               
2.    Konstruksi dibuat sedemikian rupa sehingga bila talang air itu meluap, air akan tumpah ke luar. Sisi atas bagian depan talang lebih rendah ± 3 cm dari sisi belakang talang.
3.    Papan  talang  dibuat  miring  ±  1  %  untuk  mudah  air  mengalir  ke  saluran/bak pembuangan.

B.     BENTUK-BENTUK TALANG AIR

1.   Talang Setengah Lingkaran
Talang ini dipasang di depan papan lis yang vertikal dengan penahan dari baja plat 30 x 40 mm dengan panjang sesuai keperluan. Jarak antara baja plat penahan yang satu clang= yang lainnya dapat diambil 1,5 @ 2,0 m. Pipa seng pembuang dipasang , pada jarak 4,0m satu dengan yang lainnya. Posisi talang sedemikian rupa sehingga ujung atas bagian depan dan belakang berselisih minimal 3 cm, dengan maksud bila air meluap langsung bisa tumpah ke depan/ke luar.

2.   Talang Segitiga

Talang ini dapat dibuat dari plat seng lembaran (BWG. 30) atau dari bahan PVC buatan pabrik. Untuk mendapatkan bidang yang rata dan miring maka dipasang papan talang   3/20 sebagai alas penahan seng talang tersebut. Tinggi bersih talang 10-15 cm dan lebar atas ± 30 cm.

3.   Talang Empat Persegi Panjang

Talang ini mempunyai bentuk empat persegi panjang dengan ukuran tinggi 10-15 cm lebar ± 25  cm dan panjang sesuai dengan panjang garis teritis bidang bawah atap. Konstruksi talang air ini hampir sama dengan talang air setengah lingkaran.

4.   Talang Trapesium di Atas Konsol

Talang air semacam ini berada di belakang papan lis dan di atas ujung konsol Untuk menambah kemdahan di sisi atas dan bawah lis diberi propil dan ukuran papan lis yang sering digunakan 3/30. Di atas konsol dipasang papan talang ukuran 3/20 atau 3/30 sebanyak 2 lembar sehingga antara kedua papan ini dengan bagian atas papan lis membentuk trapesitun terbuka. Ujung seng bagian belakang dengan ujung bawah genteng harus ada overlap sepanjang ± 8 cm. Tinggi ujung depan talang dengan ujung belakangnya harus berselisih minimal 3 cm.

5.   Talang Empat Persegi Panjang di Belakang Tembok Batas


 
Tembok batas ini adalah tembok bangunan yang berada pada batas tanah milik. Talang air ini ditempatkan di belakang tembok batas. Papan talang 3/30 dan ording . penahan usuk paling bawah diletakkan di atas balok tarik 8/12.

6.   Talang Empat Persegi Panjang di Atas Tembok Batas

Konstruksi jenis talang ini hampir sama dengan jenis talang di belakang tembok batas.. Di atas konstruksi ini dipasang seng lembaran yang telah dibentuk dengan ukuran tinggi 12 cm dan lebar 25 cm, ke arah panjang dibuat miring ± 1%. Papan lis di sini berfungsi sebagai dinding talang dan perapih dinding baths bagian atasnya.

7.   Talang di Atas Konsol Teras

Bentuk penampang jenis talang ini dapat diambil bentuk empat persegi panjang yang ditempatkan di belakang papan lis dan di atas balok konsol. Ukuran papan lis agak lebar yaitu 3/40 yang berasal dari papan 3/30 disarnbung ke arah lebarnya. Kemudian di atas konstruksi saluran talang ini dipasang lembaran seng yang telah dibentuk dengan ukbran tinggi ± 6 cm dan lebar 30 cm. Pada jarak tertentu diberi pipa-pipa saluran pembuang dengan diameter 0 7,5 cm.

8.   Talang Antara Dua Bidang Atap

  Jenis talang ini banyak terdapat pada dua bangunan yang berdampingan secara dekat,seperti bangunan industri (pabrik).

9.   Talang Lembahan

   Talang ini berada di antara dua bidang atap pada satu bangunan.  Ukuran talang, lebar ± 30 cm dan dalamnya ± 8 cm. Kemiringan talang sesuai dengan miring bidang atapnya.

C.     RANGKUMAN

Talang air merupakan bagian dari konstruksi bangunan dimana termasuk pada system up struktur. Talang air adalah suatu konstruksi yang berada pada sisi bawah bidang atap yang berfungsi untuk mengalirkan air yang berasal dari bidang atap ke saluran pembuang dan untuk mengurangi teritisan air hujan yang akan mengenai atau membasahi tembok, talang air terdapat pula pada pertemuan sisi bawah dua bidang atap yang membentuk lembahan. Talang air memiliki bentuk-bentuk yang dapat disesuaikan dengan kondisi atap bangunan, seperti: setengah lingkaran, segitiga, empat persegi panjang, trapesium dan lain- lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar